images (1)Sress merupakan permasalahan umum yang hampir dialami semua orang. Bahkan mulai usia remaja hingga manula. Stress sendiri adalah suatu tekanan dan tuntuttan yang dialami individu atau organism agar ia beradaptasi atau menyesuaikan diri (nevid et al 2005). Jika diibaratkan bahwa keadaan normal pikiran kita adalah gelas kosong dengan takarannya sendiri yang sesuai. Maka masalah yang kita alami setiap hari diibaratkan dengan air yang mengisinya setiap hari. Apabila air tersebut tidak dikurangi pada momentum tertentu maka yang terjadi adalah meluber. Dan ini berarti masalah yang dihadapi semakin terasa berat.

Kondisi stress pada individu merupakan indikasi bahwa keadaan berfikirnya normal. Karena stress terjadi jika pikiran mampu mengorganisir ketidaksesuaian dengan situasi normal. Jika psikis sudah menkonfirm bahwa pikiran sedang bermasalah maka kinerja mentalnya normal karna peka terhadap crush yang terjadi didalam dirinya. Pada beberapa kasus klien Hipnoterapi Jogja di Omah Tentrem, banyak yang mengeluhkan bahwa permasalahannya sangat berat padahal jika dipikir-pikir lagi dan diingat-ingat klien masalah seperti itu bukan sebuah hal yang baru dirasakan. Tapi kenapa sekarang baru merasakan hal yang sangat menyesakkan. Jika anda juga mengalami hal tersebut maka bisa dibilang bahwa kognitif anda sudah bekerja dengan baik. Hal tersebut merupakan hasil dari permasalahan-permasalahan yang dulunya mungkin tidak diambil pusing dan hanya dipendam, masalah-masalah yang lain pun juga demikian. Maka ketika gelas individu itu sudah penuh maka masalah sekecil apapun masalah yang dituangkan lagi akan membuat masalah tersebut menjadi kian berat. Jadi melihat berat atau tidaknya masalah sesorang bukan hanya dilihat dari seberapa sering masalah itu pernah dialami. Atau mungkin seberapa cerdas mendapatkan solusi. Karna semua diukur dari takaran masing-masing individu tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami Omah Tentrem Hipnoterapi Jogja akan memberikan sedikit tips mengatur stress dengan bantuan husnudzon. Husnudzon secara singkat diartikan prasangka baik. Dalam hal ini meliputi semua pikiran-pikiran yang terlintas difikiran kita adalah positif termasuk dengan keraguan dan kecurigaan diminimalisir dengan berprasangka baik dengan apapun. Hal tersebut terbukti mampu menghalau kekhawatiran yang berlebihan namun perlu bimbingan dan latihan. Untuk berprasangka baik saja perlu latihan ya ? Tentu, apalagi untuk beberapa orang yang memang memiliki masalah. Di Omah Tentrem Yogyakarta bentuk husnudzon yang diberikan ke klien berbentuk kalimat afirmasi yang diberikan kepada klien saat melakukan relaksasi. Dimana keadaan otak sedang berfungsi sengat baik dan terbuka maksimal. Maka kalimat sepositif mungkin ditanamkan kepada klien seperti afirmasi dan motivasi.