Psikosomatis adalah penyakit  fisik yang timbul akibat gangguan psikis.  Gangguan psikis disini adalah emosi, kecemasan berlebih, atau penyakit mental yang lain. Misalnya, jika Anda merasa cemas akan sesuatu dan kecemasan tersebut berlangsung lama, maka bisa menyebabkan jantung Anda gugup dan sakit secara berlebihan. Biasanya penderita tidak menyadari bahwa penyakit yang dideritanya adalah psikosomatis.

Banyak orang yang merasa sakit secara fisik, sakit pada ulu hati misalnya, beranggapan bahwa Ia benar-benar mempunyai sakit di bagian hati. Padahal setelah dicek ke dokter, penderita tersebut tidakmempunyai penyakit apapun. Inilah yang dinamakan psikosomatis.

Penyebab Psikosomatis

Menurut David B. Cheek, M.D dan Leslie M. Lecorn, B.A dalam bukunya Clinical Hypnotherapy, ada 7 faktor penyebab gangguan psikosomatis.

1. Internal Confict

“Setiap perilaku mempunyai tujuan baik”. Konflik internal muncul karena ada dua bagian dalam diri yang saling bertentangan. Sebenarnya maksud kedua bagian tersebut baik, namun saling bertolak belakang. Sehingga menimbulkan masalah.

Contoh, pada setiap akhir bulan Pak Dino mengalami pusing secara tiba-tiba. Setelah melakukan hipnoanalysa, ternyata ada dua niat yang bertentangan dalam diri Pak Dino.  Disamping ingin mendapatkan gaji yang lebih banyak dengan lembur, Pak Dino juga ingin setiap akhir bulan pergi berlibur bersama keluarga.

2. Unresolved Problem

Ada masalah yang belum diselesaikan di masa lalu. Sehingga pada bagian tubuah tertentu akan menimbulkan rasa sakit. Bagian sakit ini sebagai pengingat kalau ada yang harus diperhatikan dan diselesaikan.

3. Motivation/Secondary Gain

Suatu masalah timbul karena ada keuntungan tersendiri bagi orang tersebut. Misalkan, Bu Wati mempunyai migrain. Dengan adanya migrain Bu Wati menjadi lebih di perhatikan oleh suami dan anak-anaknya. Jadi, jika Bu Wati sedang merasa tidak diperhatikan, migrain tersebut akan datang kembali.

4. Past Experience

Pengalaman masa lalu yang terbawa hingga saat ini. Seperti trauma. Seseorang yang di masa lalunya mempunyai pengalaman yangmenyakitkan, sehingga terbawa hingga saat ini.

5. Identification

Seseorang yang mengidolakan satu figur akan merasa semua yang terjadi pada idolanya juga terjadi pada dirinya. Misalkan, figurnya mempunyai penyakit jantung. Maka dia juga akan mengalami ganjalan pada jantungnya.

6. Self Punishment

Ada tindakan yang tidak sesuai dengan kebenaran yang telah dilakukan oleh sesorang. Sehingga orang tersebut menghukumm dirinya sendiri.

7. Suggestion/Imprint

Seringkali kita mendengar perkataan seorang ibu pada anaknya, “Jangan hujan-hujanan, nanti pilek”. Itulah imprint yang tertanam di pikiran bawah sadar. Sehingga saat anak tersebut bermain hujan-hujanan akan menimbulkan pilek.

Penyembuhan Psikosomatis dengan Hypnotherapy

Seperti yang sudah dikatakan, psikosomatis timbul sebagai akibat dari masalah jiwa atau mental. Sehingga penyembuhannya pun dengan seorang yang ahli dalam bidang mental atau psikis, yaitu hipnoterapis.

Dengan hipnoterapi, seorang klien akan dipandu untuk menemukan akar masalah dari penyakitnya. Klien akan dibawa ke masa sebelum penyakit fisik tersebut datang . Hipnoterapis mengajak klien menuju pikiran bawah sadarnya . Dengan begitu klien akan mengetahui apa sebenarnya penyebab dari gangguan yang timbul ke tubuhnya.

Jika Anda mengalami gangguan fisik secara berkala atau dalam waktu yang lama, namun setelah periksa ke dokter ternyata tidak ada masalah dalam diri Anda. Maka,sebaiknya Anda mendatangi klinik hipnoterapi. Karena penyakit Anda timbul karena masalah psikis, yang disebut psikosomatis.