Bulimia merupakan suatu kelainan pada cara makan yaitu dengan makan secara berlebihan secara terus menerus. Penderita bulimia mempunyai masalah secara psikologis. Ia merasa sangat tertekan dengan berat badannya. Sehingga ia merasa perlu untuk mengeluarkan kembali segala yang telah dimakannya. Orang yang mengalami kelainan ini umumnya mempunyai berat badan yang ideal. Tetapi, ia selalu merasa badannya gemuk, sehingga ia mengalami bulimia

Pada umumnya, penderita bulimia adalah perempuan yang masih remaja. Dia akan melakukan segala hal agar mencapai berat badan yang didamkan. Misalnya, olahraga secara berlebihan dan minum obat pelangsing secara berlebihan. Nha pada kesempatan kali ini kami ( Hipnoterapi Jogja ) akan membagikan tips mengenai cara menangani bulimia dengan Hipnoterapi. Yaitu bagaimana cara menerapkan teknik-teknik Hipnoterapi untuk menyembuhkan Bulimia.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bulimia

Perilaku yang paling aneh pada penderita bulimia yaitu, jika ia menemukan banyak makanan, ia akan tetap memakan makanan tersebut. Meskipun ia tahu bahwa ia merasa gemuk. Hal ini terjadi karena ada dorongan dalam dirinya yang membuat ia merasa lapar. Sehingga perlu makan sebanyak-banyaknya. Namun, penderita akan merasa stres dan bersalah setelah makan. Ia akan berusaha untuk membersihkan dirinya, yaitu dengan membuat makanan tersebut keluar secara paksa. Cara yang salah-yang sering dilakukan adalah dengan memuntahkan semua makan yang telah masuk ke dalam perutnya.

Ada ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh seorang penderita Bulimia. Berikut Hipnoterapi Jogja merangkum beberapa ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang mengalami bulimia dan beberapa hal lainnya yang perlu diketahui seputar Bulimia ini.

Ciri-ciri Penderita Bulimia

  • Makan dalam jumlah besar, tetapi langsung dimuntahkan setelah itu juga
  • Berolahraga secara berlebihan
  • Meminum obat pencahar
  • Berpuasa terus-menerus
  • Selalu mempermasalahkan berat badan

Efek dari Bulimia

  • Gigi menghitam karena terkena asam lambungĀ  ketika memuntahkan makanan
  • Gigi menjadi sensitive
  • Kelenjar ludah pipi membengkak
  • Terganggunya proses pencernaan
  • Cairan tubuh tidak seimbang

 

Perbedaan Bulimia dan Anorexia

Bulimia

Penderita bulimia akan tetap makan karena terdorong untuk makan banyak. Tetapi setelah makan banyak, ia akan merasa sangat bersalah pada dirinya. Hal ini menyebabkan ia melakukan usaha untuk mengeluarkan makanannya secara paksa. Karena sudah terekam di pikiran bawah sadar, maka seringkali penderita bulimia akan secara tiba-tiba memuntahkan makanannya secara langsung.

Anorexia
Berbeda dengan bulimia, penderita anorexia pada dasarnya sudah berniat untuk berdiet. Jadi dia memaksakan dirinya untuk menahan lapar. Kelaparan akan membuat dirinya tidak menjadi gemuk. Tetapi tujuan dasar bulimia dan anorexia sama, yaitu menghindari kegemukan.

 

Penanganan Bulimia dengan Hipnoterapi

Dalam dunia kedokteran, biasanya penderita bulimia hanya akan diberi obat pengurang kadar serotin. Obat tersebut berfungsi untuk mengurangi stres atau rasa bersalah pada pasien. Kebanyakan mengkonsumsi obat-obatan bisa menimbulkan dampat yang kurang baik untuk tubuh dan kesehatan. Karena itu Hipnoterapi Jogja membagikan salah satu cara yang aman untuk mengatasi masalah ini. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan Hipnoterapi. Teknik-teknik Hipnterapi tertentu dalat digunakan untuk mengatasi bulimia.

Hipnoterapi dapat diterapkan untuk mengatasi bulimia salah satunya karena bulimia pada dasarnya terkait dengan masalah psikologi. Dengan menggunakan teknik Hipbterapi, penderita bulimia dapat dibimbing untuk berkomunikasi dengan dirinya sendiri (pikiran bawah sadarnya) yang mengontrol dan mengendalikan program diri yang berkaitan dengan hal ini untuk mengetahui akar masalah dan sumber munculnya masalah bulimia itu sendiri. Setelah diketahui dengan pasti hal mendasar yang menjadi penyebab/akar masalah munculnya bulimia ini, tahap selanjutnya penderita bulimia akan dibimbing untuk melakukan hal tertentu untuk menghilangkan akar masalah tersebut. Jika akar masalahnya sudah dibereskan, maka secara otomatis hal-hal yang muncul sebagai akibat dari adanya akar masalah tersebut akan teratasi juga.

Dalam sesi Hipnoterapi ini, penderita juga dapat di terapi sekalian untuk menambah rasa percaya diri. Hipnoterapi juga bisa membantu penderita untuk memaafkan dirinya dalam melakukan sesuatu yang dianggapnya salah sehingga penderita dapat menjalani hidupnya dengan lebih bahagia dan bebas dari tekanan rasa bersalahnya karena bulimia tersebut. Hipnoterapi merupakan cara yang aman dan efektif untuk menangani masalah ini. Bagi Anda yang menderita bulimia, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli Hipnoterapi daripada memutuskan untuk terelalu banyak mengkonsumsi obat. Demikianlah informasi yang dapat Hipnoterapi Jogja bagikan kali ini mengenai Penggunaan Hipnoterapi untuk menangani Bulimia