Buku adalah jendela dunia dan merupakan sumber ilmu. Dengan membaca buku kita bisa mengetahui lebih banyak tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya.

Membaca buku bisa dilakukan siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Kali ini Hipnoterapi Jogja ingin berbagi tips membaca buku yang efektif sehingga bisa dilakukan di sela-sela aktifitas sehari-hari.

Tips Membaca Buku Secara Efektif

  1. Pilihlah waktu luang yang tepat untuk membaca buku, misalnya saja saat  malam hari menjelang tidur.
  2. Pilih posisi yang nyaman pada saat membaca buku, misalnya dengan duduk di kursi. Selalu atur jarak antara mata dengan buku, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm.
  3. Menentukan tujuan membaca buku untuk mendapatkan hasil yang optimal. Seseorang yang membaca buku tanpa tujuan, sama saja dengan seorang pengembara yang tak tahu arah.
  4. Sebelum membaca sebaiknya kita mengetahui gambaran besar tentang isi buku, hal tersebut akan mempermudah konsentrasi pada saat membaca.
  5. Selalu fokus pada apa yang kita baca.
  6. Menjadi pembaca yang aktif, dalam artian kita bisa melakukan dialog dengan buku.
    Misalnya saja kita bisa membuat berbagai pertanyaan yang nantinya akan kita temukan jawabannya di dalam buku yang kita baca.
  7. Menentukan teknik dalam membaca, misalnya saja kapan waktu yang tepat untuk membaca dengan cepat, lambat, dengan nada keras, maupun membaca dalam hati.
  8. Mencatat hal-hal penting yang telah kita baca.
    Hal ini akan membantu kita untuk mengingat intisari dari buku yang telah kita baca.

Nah dengan mempraktekkan tips-tips di atas sahabat Hipnoterapi Jogja bisa paham dan mengerti dengan isi buku yang dibaca tanpa membuang waktu, yang ada justru waktu luang terisi dengan ilmu yang semakin bertambah.

Semoga bermanfaat 🙂