FAQ

Q : Apa itu Hipnoterapi?
A : Hipnoterapi merupakan terapi pikiran yang dilakukan dalam kondisi hipnosis yaitu kondisi relaksasi pikiran yang disertai dengan relaksasi tubuh. Dalam kondisi seperti ini pikiran akan menjadi lebih terbuka terhadap perubahan. Hipnoterapi sudah diterima oleh American Psychological Association dan British Medical Association sebagai alat teraupetik yang sah.

Q : Apakah saat dilakukan Hipnoterapi, klien dalam kondisi tidak sadar?
A : Justru sebaliknya, dalam kondisi Hypnosis, klien tetap sadar sepenuhnya, hanya dalam kondisi yang rileks. Bahkan dalam kondisi rileks ini, justru daya ingat berfungsi jauh lebih optimal dibandingkan kondisi biasa, kondisi inilah yang akan membantu terapis untuk menemukan akar penyebab dari permasalahan klien atau memberikan pemaknaan ulang terhadap permasalahan yang dihadapi klien.

Q : Apakah terapis/ hipnoterapis dapat memaksa atau mempengaruhi klien saat klien dalam kondisi hypnosis?
A : Analogi sederhana untuk proses hipnoterapi yaitu ibarat seorang peternak sapi yang dia bisa dengan mudah menggiring sapinya ke pinggir sungai untuk dimandikan, tetapi tidak bisa memaksa sapi untuk minum air sungai sendiri. Maksudnya adalah tanpa izin, tanpa keterbukaan dan tanpa kepercayaan dari klien terhadap terapis, maka terapis tidak akan bisa melakukan intervensi apapun terhadap klien. Klien sangat memiliki kuasa atas dirinya sendiri bahkan dalam proses relaksasi yang sangat dalam sekalipun.

Q : Apa syarat yang diperlukan untuk keberhasilan Hipnoterapi?
A : Syarat pertama dan utama yang harus dipenuhi adalah kesadaran klien bahwa dia punya tantangan/ masalah yang harus diselesaikan dan memiliki keinginan untuk selesai atau sembuh serta bersedia untuk dibantu melalui proses hipnoterapi.

Q : Apakah Hipnoterapi menggunakan jin atau kekuatan magis?
A : Sama sekali tidak, hypnosis atau hipnoterapi hanyalah sebuah proses komunikasi terarah dari terapis kepada klien untuk menemukan akar permasalahan atau melakukan pemaknaan ulang terhadap permasalahan yang dihadapi klien dalam kondisi rileks. Prosesnya sangat ilmiah, klien tetap sadar sepenuhnya.

Q : Bagaimana dengan jaminan kerahasiaan informasi yang disampaikan klien?
A : Kode etik dalam praktik hipnoterapi yaitu seorang terapis DILARANG membocorkan atau menyampaikan informasi yang disampaikan oleh klien kepada siapapun tanpa seizin klien. Artinya informasi yang disampaikan oleh klien sifatnya SANGAT RAHASIA.

Q : Apa bedanya Hipnoterapi dengan pertunjukan Uya Kuya atau Rommy Rafael di TV?
A : Hipnoterapi adalah aplikasi Hipnosis yang digunakan untuk terapi. Semua orang BISA dilakukan Hipnoterapi. Adapun yang dipraktekkan oleh Rommy Rafael di TV adalah jenis Stage Hypnosis atau Hipnosis untuk hiburan. Perlu dilakukan seleksi khusus untuk orang yang akan dijadikan objek Stage Hypnosis. Menurut penelitian hanya ada 10% dari total sebuah komunitas yang mungkin untuk objek Stage Hypnosis.

Q : Apa saja permasalahan yang bisa dibantu dengan Hypnosis atau Hypnotherapy?
A : Beberapa permasalahan berikut bisa dibantu dengan Hypnosis atau Hypnotherapi :
• Psikosomatis (penyakit fisik yang penyebab munculnya adalah tekanan emosional, penyakit yang tetap muncul atau dirasakan walaupun secara medis sudah dinyatakan bahwa tidak terjadi apa-apa)
• Dendam atau trauma masa lalu
• Phobia (ketakutan terhadap hal-hal yang sepele atau remeh, missal : takut karet gelang, takut durian, takut lubang kecil, takut kecoa, takut tikus putih, takut kucing, takut gelap, dll)
• Perasaan sakit hati dengan seseorang baik dalam hubungan profesional atau relationship
• Sering berprasangka buruk terhadap diri sendiri maupun orang lain.
• Merasa kurang motivasi menghadapi hidup, tidak percaya diri bertemu orang baru atau banyak orang, tidak semangat bekerja dan belajar
• Menanamkan keyakinan positif pada diri sendiri
• Mengubah kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan

Q : Bagaimana proses terapi atau konsultasi yang akan dilakukan?
A : Setelah klien mengisi form konsultasi atau terapi, form akan diserahkan kepada terapis atau konsultan. Klien lalu bertemu dengan terapi atau konsultan untuk menceritakan dengan detil permasalahan atau tantangan yang dihadapi. Terapis baru akan memberikan masukan (dalam sesi konsultasi) atau tindakan (dalam sesi terapi) setelah mendapatkan gambaran jelas tentang apa hal yang diinginkan oleh klien dan juga gambaran menyeluruh mengenai permasalahan yang dialami oleh klien. Salah satu teknik yang digunakan adalah hipnoterapi, walaupun biasanya terapis akan menyesuaikan jenis intervensi atau tindakan yang akan diberikan kepada klien berdasarkan kondisi dan karakteristik dari klien. Satu masalah yang sama pada klien yang berbeda bisa jadi menghasilkan dua pendekatan yang berbeda.

Q : Berapa sesi yang harus diambil untuk satu kali sesi terapi?
A : Pada prinsipnya klien bebas menentukan berapa sesi yang ingin diambil. Walaupun kami sangat merekomendasikan kepada klien untuk mengambil 3 (tiga) sesi sekaligus.

Q : Mengapa disarankan 3 kali sesi sekaligus?
A : Pertama, jumlah pertemuan ini kami rumuskan agar proses penanganan klien lebih efektif. Pertemuan pertama akan difokuskan ke pemetaan masalah yang dialami klien dan juga proses untuk mempersiapkan pikiran klien agar lebih siap berubah. Tidak semua klien sudah siap untuk berubah. Tidak semua klien pun siap dipandu untuk masuk dalam proses terapi. Maka kegunaan sesi pertama ini agar proses terapi pada pertemuan berkutnya bisa lebih efektif. Pertemuan kedua merupakan tindak lanjut dari pertemuan pertama. Adapun pertemuan ketiga bisa untuk melanjutkan sesi sebelumnya (apabila permasalahan belum selesai) atau sesi untuk penguatan (jika permasalahan sudah seleesai di sesi kedua)
Kedua, dari pihak Tentrem Hipnoterapi bisa lebih optimal memantau perkembangan klien sekaligus memberikan rekomendasi untuk klien sesuai perkembangan yang disampaikan.
Ketiga, tentu saja lebih hemat secara pembiayaan dengan hasil yang lebih efektif

Q : Berapa biaya yang diperlukan untuk satu kali sesi Hipnoterapi?
A : Untuk satu kali sesi Hipnoterapi, klien harus membayar sejumlah Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) adapun untuk satu kali sesi konsultasi, klien harus membayar sejumlah Rp 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah). Berdasarkan pengalaman kami menangani ratusan klien kami selama ini, kami merekomendasikan klien untuk mengambil langsung paket 3 sesi terapi dengan harga Rp 2.300.000,-.
Q : Setelah dua kali sesi apakah masih perlu terapi tambahan ?
A : Setelah dua kali sesi, klien berhak mendapatkan satu sesi konsultasi GRATIS. Dalam sesi konsultasi itulah akan diputuskan bersama antara klien dengan terapis Omah Tentrem apakah masih diperlukan sesi tambahan atau tidak. Diperlukan atau tidak tergantung dari pertimbangan terapis berdasarkan perkembangan klien.

Q : Apakah setelah sesi terapi yang dilakukan, hasilnya pasti sembuh dan permanen?
A : Pertama, kami perlu bersyukur bahwa kami telah dipercaya oleh ratusan klien harus memahami bahwa satu kali sesi terapi atau konsultasi yang dilakukan hanya berlangsung selama 1,5 – 2 jam saja. Sedangkan proses terbentuknya permasalahan pada diri klien bisa saja sudah berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan sudah terjadi bertahun-tahun. Maka kami SAMA SEKALI TIDAK BERANI MENJAMIN bahwa PASTI SEMBUH. Kami hanya berjanji untuk memberikan upaya terbaik bagi perkembangan positif dari klien. Proses kesembuhan klien pun sangat dipengaruhi oleh seberapa semangat klien untuk sembuh, seberapa semangat klien untuk menjalankan saran-saran dari terapis dan juga terdapatnya dukungan dari pihak keluarga maupun lingkungan sekitar.
Kedua, tentang permanen atau tidak, jika selepas sesi terapi klien sudah merasa lebih nyaman atau lega dan tidak lagi terbebani dengan permasalahan yang sebelumnya dikeluhkan, itu merupakan salah satu indicator terselesaikannya masalah klien. Apakah tidak akan mungkin muncul lagi kasus yang sama? Bisa saja masih muncul lagi, walaupun dengan akar masalah atau penyebab yang berbeda dari sebelumnya. Maka pengkondisian diri dan lingkungan klien menjadi hal yang penting dilakukan pasca terapi.

Q : Apa saja biasanya yang dilakukan dalam proses hipnoterapi?
A : Langkah paling awal biasanya klien akan diajak untuk mengikuti atau merasakan sesi relaksasi terlebih dahulu. Dalam proses relaksasi klien akan dipandu oleh terapis (dengan atau tanpa musik relaksasi) untuk menjadikan tubuh dan pikirannya santai dan rileks. Setelah klien sudah rileks, maka akan dilanjutkan dengan prosedur teraupetik ala hipnoterapi. Misalnya jika kasusnya adalah klien merasa jengkel atau dendam dengan seseorang, maka akan dilakukan teknik yang disebut dengan forgiveness therapy for others. Jika klien merasa marah dengan dirinya sendiri, maka dilakukan teknik forgiveness therapy for self. Jika klien merasa ada pertentangan dalam diri maka dilakukan teknik part therapy, dan lain-lain. Perlu dipahami sekali lagi bahwa semua teknik yang dilakukan dalam proses hipnoterapi dilakukan dengan KESADARAN PENUH DARI KLIEN. Jadi pikiran dan tubuh klien memang rileks, tetapi tetap SADAR.

Q : Selain Hipnoterapi, apakah ada teknik lain yang juga digunakan dalam proses terapi maupun konsultasi?
A : Iya, ada kami juga menggunakan beberapa aplikasi dari neuro-linguistic programming (menggunakan keahlian berbahasa atau linguistic untuk melakukan pemrograman ulang pada pola pikir atau persepsi klien) sehingga dalam proses ngobrol pun, biasanya klien sudah menemukan solusi dari masalahnya. Selain itu kami juga menggunakan penerapan dari energy psychology, salah satu ilmu yang di dalamnya menekankan pada keberadaan titik-titik tubuh tertentu yang jika disentuh atau diketuk dengan kombinasi dari serangkaian kalimat afirmasi tertentu akan membantu untuk proses penyelesaian permasalahan klien. Kami juga menggunakan beberapa metode lain seperti coaching technique, melihat karakteristik klien dari tulisan tangannya atau graphology dan juga serangkaian metode atau teknik lain berdasarkan sudut pandang spiritual, ilmu psikologi dan lain sebagainya.

Q : Apakah perlakuan dalam terapi maupun konsultasi bagi klien anak dan dewasa sama?
A : Secara keseluruhan pasti berbeda. Model penanganan klien anak biasanya lebih directive (mengarahkan) dan biasanya tidak memerlukan serangkaian teknik terapi maupun konsultasi yang kompleks, apalagi untuk anak-anak yang masih bersekolah di tingkat sekolah dasar. Mereka cenderung lebih kooperatif dan karena memiliki tingkat imajinasi yang baik maka jauh lebih mudah untuk dikondisikan. Adapun untuk anak yang sudah masuk kategori remaja (SMP-SMA) biasanya kami menggunakan pedoman seperti halnya penanganan untuk orang dewasa yang mana lebih banyak menggunakan pola diskusi dan bersama-sama mencari solusi terbaik untuk permasalahan yang dialaminya

Q : Apa saja kategori klien yang bisa ditangani di sesi konsultasi atau terapi di Omah Tentrem?
A : Tidak ada kategori khusus yang kami tetapkan. Walaupun jika klien terindikasi mengalami gangguan kejiwaan yang perlu penanganan psikiater, biasanya kami akan meminta pihak keluarga untuk membawanya terlebih dahulu kepada psikiater dan proses terapi baru bisa dilakukan di Omah Tentrem saat kami sudah mendapatkan informasi dan rekomendasi dari psikiater bahwa klien sudah diijinkan untuk mengikuti proses hipnoterapi di Omah Tentrem. Kondisi khusus lain yang kami masih merasa kesulitan untuk menangani adalah jika klien mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi secara verbal maupun tertulis karena metode yang kami terapkan sangat membutuhkan interaksi dua arah dengan klien.

Q : Apakah hipnoterapi bisa dilakukan secara jarak jauh?
A : Proses hipnoterapi memerlukan kontak fisik secara langsung, artinya klien bertemu bertemu secara langsung dengan terapis untuk menyampaikan permasalahannya untuk kemudian ditangani oleh terapis di ruang terapi/ konsultasi di Omah Tentrem sesuai dengan permasalahan yang disampaikan klien.

Q : Apa bedanya konsultasi dengan terapi?
A : Dalam proses konsultasi, klien akan diminta untuk menceritakan permasalahan atau tantangan yang dihadapinya kemudian konsultan akan memberikan masukan atau tips-tips mengenai apa yang sebaiknya dilakukan oleh klien. Sedangkan dalam proses terapi, selain diberikan masukan atau tips, klien akan mendapatkan bantuan secara langsung dari terapis dalam bentuk intervensi menggunakan teknik terapi tertentu untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh klien. Dalam terapi klien juga akan diajarkan teknik terapi sederhana yang nantinya bisa digunakan oleh klien dalam kehidupan sehari-hari pasca terapi.

Q : Bagaimana prosentase keberhasilan terapi?
A : Secara keseluruhan, dari hasil pengamatan dan komunikasi kami dengan para klien yang datang ke Omah Tentrem, kurang lebih 90% dari klien kami menyatakan puas dengan layanan dari Omah Tentrem.

Q : Bagaimana latar belakang terapisnya?
A : Terapis dan konsultan di Omah Tentrem harus sudah mengikuti pelatihan Mastering Hypnotherapy yang kami selenggarakan. Dimana kurikulum dalam pelatihan tersebut mengacu pada kurikulum The Indonesian Board Of Hypnotherapy, lembaga hipnoterapi terbesar di Indonesia yang kami juga berafiliasi dengannya. Mereka yang telah mengikuti pelatihan tersebut harus menjalani serangkaian ujian praktik untuk kemudian secara resmi mendapatkan gelar Certified Hypnotherapist. Untuk memperkuat pemahaman dan variasi dalam teknik terapi dan konsultasi. Terapis dan konsultan kami juga belajar tentang Neuro-Linguistic Programming dan sudah tersertifikasi sebagai Licensed Practitioner of NLP dari The Society of NLP Orlando USA. Terapis dan konsultan Omah Tentrem juga mayoritas memiliki latar belakang pendidikan psikologi yang tentunya akan memberikan tambahan kualitas tersendiri dalam proses terapi maupun konsultasi yang dilakukan.

Q : Apakah Hipnoterapi bisa membuat orang mengaku atau menyampaikan dengan jujur?
A : Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, proses hipnoterapi membutuhan kesediaan dan keterbukaan secara sadar dari klien untuk menyampaikan masalahnya. Maka jika kesepakatan awal ini tidak terjalin, kami tidak akan bisa membuat klien mengaku atau menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya. Maka hal mendasarnya adalah klien sadar memiliki masalah dan bersedia untuk dibantu untuk melakukan terapi atau konsultasi di Omah Tentrem. KLien yang datang karena paksaan dan tidak mengetahui kenapa dia diajak ke Omah Tentrem, biasanya akan menghasilkan sebuah proses terapi atau konsultasi yang sangat tidak efektif.

Q : Apa yang membedakan Omah Tentrem dengan tempat terapi lain?
A : Kami memiliki SDM yang berkualitas dan memiliki legalitas resmi atas kemampuan teknik yang dimilikinya. Kami menekankan pada hubungan kekeluargaan yang dekat dengan klien dengan berusaha memberikan layanan maksimal pada klien. Kami sudah berpengalaman menangani ratusan klien yang selama ini datang ke Omah Tentrem. Kami memiliki system pengelolaan database klien yang memudahkan kami untuk memantau dan mencatat perkembangan dari klien-klien kami. Kami memberikan fasilitas khusus untuk klien kami untuk lebih mudah dan murah dalam mengakses layanan lain yang ada di Omah Tentrem.

Q : Bagaimana model terapi yang dilakukan kepada anak?
A : Model terapi bisa dilakukan dengan memberikan sugesti secara langsung kepada anak saat anak dalam kondisi trance atau fokus. Cara untuk membuat anak masuk dalam kondisi trance atau fokus salah satunya dengan mengkondisikan anak masuk dalam kondisi rileksasi yang dalam. Cara lain biasanya dengan mengajaknya bermain dan dalam permainan kami masukkan nilai-nilai yang perlu dimiliki oleh anak atau nilai-nilai yang berhubungan dengan penyelesaian masalah yang dialami oleh anak. Kami juga biasanya memberikan panduan kepada orang tua mengenai hal apa saja yang bisa orang tua lakukan pasca terapi sehingga perkembangan anak pasca terapi bisa lebih terpantau, salah satunya mengajarkan prosedur hypnosleep kepada anak.