Pernahkah sahabat berada dalam situasi mengetahui sesuatu hal namun sulit untuk menyampaikan kepada yang bersangkutan?

Hal seperti ini biasanya terjadi dalam sebuah hubungan, seperti keluarga, pertemanan, dan pasangan.

 

Contoh kasus :

Dalam hubungan keluarga

Kita mengetahui bahwa saudara kita menjalin hubungan dengan seseorang yang bisa dikatakan bermasalah, dan keluarga tidak mengetahui hal tersebut. Sesuatu yang kita ketahui tentang orang yang sedang menjalin hubungan dengan saudara kita tersebut bukanlah hal yang sepele sehingga terkadang kita sulit untuk memberitahu keluarga. Karena kita harus pandai mencari waktu, situasi, dan kondisi yang tepat untuk menghindari reaksi yang bisa menciptakan situasi kurang nyaman.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika berada dalam kondisi tersebut?

Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang kita dapatkan mengenai orang tersebut adalah benar. Bukan dari kata orang namun pastikan kita mendapatkan info tersebut dari sumber yang terpercaya. Jika memungkinkan tanyakan langsung kepada yang bersangkutan, apakah informasi yang kita dapatkan itu benar adanya.

Kedua, jika informasiĀ  tersebut memang benar, tanyakan pada saudara kita apakah dia mengetahui hal tersebut. Jika saudara kita tidak mengetahuinya kita bisa menyelesaikan masalah tersebut tanpa melibatkan keluarga. Namun jika saudara kita mengetahuinya dan justru malah menyembunyikan dari keluarga kita harus menanyakan apa tujuannya menyembunyikan hal tersebut. berikan pengertian jika memang hubungan tersebut serius kenapa harus menyembunyikan fakta penting yang seharusnya diketahui keluarga dari awal. Kita wajib mengingatkan saudara kita bahwa kejujuran dari awal adalah poin penting dari sebuah hubungan.

Ketiga, jika saudara kita mau diajak untuk menghadap keluarga dan menyampaikan yang sebenarnya hal itu akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk menyampaikan. Namun jika dia tidak mau dan masih berniat untuk menyembunyikannya, kita harus berani mengambil sikap. Mau tidak mau harus kita sendiri yang menyampaikan kepada keluarga dengan membawa bukti yang jelas. Pastikan keluarga dalam situasi dan kondisi yang tepat untuk menerima informasi.

 

Melihat kasus seperti di atas, maka akan muncul pertanyaan, mengapa bisa muncul kondisi seperti itu? Yang dimaksud adalah kenapa hal seperti menyampaikan sesuatu bisa berubah menjadi kondisi sulit bagi kita?

Kuncinya sebenarnya sangatlah sederhana, selama kita berada di posisi yang benar, beranikanlah untuk menyampaikan. Karena sepahit apapun kenyataan yang ingin kita sampaikan akan lebih baik jika kita ungkapkan di awal. Karena reaksi tiap orang berbeda dalam menerima informasi yang kurang baik kita harus pandai memilih kata dan memilih waktu yang tepat.

Jika sahabat mempunyai permasalahan serupa yuk sharing bersama Hipnoterapi Jogja, kita temukan solusi terbaiknya šŸ™‚

—————————————————————————————————————————————-

Omah Tentrem Hipnoterapi Jogja

Telepon 0274-867994, SMS/WA 085643626668, PIN BB 5D655B19